Pola


Pola

Pola

Foto A dan B adalah objek yang sama, di ambil dengan sebuah handphone kamera.

Yang membedakan hanya titik pengambilan dan anglenya. Saya mengambil dan membandingkan 2 foto ini untuk sekedar berbagi mengenai kesan  yang di timbulkan oleh 2 gambar ini.

Tapi jangan kritik mengenai warna, fokus dan ekposure ya…

Di akhir seleksi foto yg saya upload, saya memilih gambar B… atas pertimbangan bahwa mata manusis secara umum menyukai dengan pola… misalnya deretan bangunan, jajaran tiang listrik, pagar dll… bahkan kadang sesuatu yg abstrakpun otak akan merepresentasikan menjadi bentuk yg familiar ditemui, misalnya langit yang kadang membentuk wajah…

Memang gambar B, tidak sepenuhnya merepresentasi sebuah tower yg kokoh tinggi, resiko ini saya ambil atas dasar sudah terlalu sering kekokohan sebuah tower ditampilkan, seperti gambar A. Gambar A, adalah sudut pandang yang biasa dilihat oleh orang sekitar…

Dan yang saya sukai dari gambar B adalah… inilah sudut pandang dari pemanjat tower setinggi 75meter, dan nyalinya benar2 di uji ketika harus mendaki lorong sampai paling ujung tower, kecil di ujung tertinggi… saya sendiri membayangkan kesan apa yang muncul kalo angle nya dari posisi berlawanan dengan B… wew…

Ide ini saya dapat saat membaca sebuah buku berjudul ’35mm’ di sebuah kampus kebanggaan Jababeka… mengenai dasar2 komposisi…

Mungkin dari teman2 ada masukan???

2 thoughts on “Pola

Tinggalkan Balasan

